Cara menghapus akun facebook

Awas! Facebook Berlebihan Picu Depresi

Posted on

Bagi pecandu Facebook sebaiknya mulai berhati-hati, sebab Facebook dapat memicu depresi. Demikian menurut penelitian ilmuwan dari American Academy of Pediatrics yang menyatakan bahwa terlalu banyak bergaul di social media satu itu dapat menyebabkan depresi.

Studi ini membantah temuan sebelumnya oleh ilmuwan University of Wisconsin yang sempat menyatakan tidak ada hubungan antara penggunaan social media dengan depresi. Studi yang dipimpin oleh Lauren Jelenchick dan Dr. Megan Moreno ini melibatkan 190 mahasiswa University of Wisconsin-Madison berusia 18-23 tahun. Kepada mereka diajukan pertanyaan-pertanyaan tertulis selama seminguu lebih untuk mengetahui kebiasaan online mereka. Baca Cara Menghapus Akun Facebook

facebook picu depresi

Ternyata lebih dari setengah para mahasiswa tersebut secara konstan menjawab Facebook sebagai situs social media yang mereka akses selama seminggu penuh. Setidaknya mereka mengaksesnya selama 30 menit.

Sebanyak 83% mahasiswa menggunakan Facebook dalam sehari lebih dari 30 menit, tapi kurang dari 2 jam. Hanya 8% yang menjawab mengakses Facebook lebih dari 2 jam. Ternyata mahasiswa yang menghabiskan waktu kebih banyak di Facebook cenderung lebih sering mengalami depresi dibanding mereka yang hanya mengakses Facebook beberapa menit per hari.

 

Para peneliti menyarankan bahwa ini merupakan peringatan bagi para orang tua agar menghindarkan anaknya dari risiko “depresi Facebook”. Moreno, seorang pediatrik yang mempublikasikan riset ini mengusulkan agar orang tua mulai mengawasi penggunaan social media anak-anaknya.

“Orang tua tidak perlu terlalu memberi perhatian secara perhatian selama anaknya berperilaku normal, dan mood-nya tidak berubah. Pastikan juga mereka memiliki teman di dunia maya, dan tetap mengerjakan tugas-tugas sekolahnya,” jelas Moreno.

Sumber artikel: Netsains