unicorn indonesia
Source: growwire.com

5 Startup Di Indonesia Ini Meraih Gelar Unicorn

Posted on

Sekarang ini Startup asal Indonesia sudah berkembang dengan sangat pesat. Dan bahkan beberapa diantaranya sudah berhasil meraih gelar unicorn. Memang saat ini di Indonesia sudah ada sekitar 5 perusahaan rintisan (startup) yang berhasil meraih gelar “Unicorn”. Unicorn ini sendiri merupakan startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar. Nilai tersebut bisa didapat dari nilai bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Sebelumnya Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika memiliki target jika akan adanya 5 startup asal Indonesia yang menyandang gelar Unicorn diakhir tahun 2019. Dan sekarang target tersebut bisa tercapai berkat OVO yang juga sudah berhasil meraih gelar unicorn tersebut.

Unicorn Indonesia

Unicorn indonesia
Source: koalahero.com

Lalu startup apa saja yang sudah terdaftar menjadi Unicorn Indonesia? Berikut dibawah ini 5 Startup di Indonesia yang meraih gelar Unicorn diantaranya yaitu :

  1. Stratup Indonesia Gojek

Gojek merupakan sebuah perusahaan yang awalnya itu bergerak dibidang transportasi berupa ojek online. Startup yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini sekarang sudah memiliki nilai valuasi hingga mencapai US$ 10 miliar dan menyandang status sebagai decacorn Indonesia karena perusahaan tersebut berhasil mengembangkan sayap bisnisnya. Perusahaan yang berada dibawah naungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa inilah yang menjadi startup pertama di Indonesia yang berhasil meraih gelar unicorn. Gelar tersebut bisa diraih Gojek setelah menerima kucuran dana sebesar 550 juta dollar AS atau sekitar Rp. 7,2 triliun.

  1. Startup Indonesia Tokopedia

Yang menjadi unicorn kedua di Indonesia adalah Tokopedia sebuah perusahaan yang fokus dibidang e-commerce online (O2O). Nilai valuasi yang dimiliki Tokopedia ini sekitar US$ 7 miliar. Perusahaan tersebut mendapatkan suntikan dana sebesar itu dari Alibaba Group, Softbank Group, dan juga Sequoia Capital. Tokopedia memiliki misi “Pemerataan Ekonomi Secara Digital” dan sekarang diklaim sudah memiliki pengguna aktif lebih dari 90 juta pengguna per bulan dan 6,4 juta penjual.

  1. Startup Indonesia Traveloka

Traveloka merupakan salah satu unicorn di Indonesia yang memiliki nilai valuasi sebesar US$ 2 miliar. Perusahaan yang bergerak di bidang pemesanan tiket pesawat dan hotel ini didirikan pada tahun 2012 dan sekarang ini melayani juga pemesanan tiket kereta, rekreasi, dan juga produk produk konektivitas. Traveloka berhasil meraih gelar unicorn tersebut setelah mendapatkan kucuran dana sebesar 350 juta dollar AS dari Expedia sebuah perusahaan yang bergerak dibidang yang sama pada Juli 2017 lalu.

  1. Startup Indonesia Bukalapak

Bukalapak merupakan marketplace penyedia berbagai perlengkapan yang hingga tahun 2018 lalu memiliki nilai valuasi sebesar US$ 1 miliar. Perusahaan dibidang e-commerce ini berhasil mendapat gelar unicorn tersebut setelah mendapatkan kucuran dana dari beberapa grup investor besar seperti Emtek Grup dan 500 Startups.

  1. Startup Indonesia OVO

Dan startup terakhir yang berhasil meraih gelar Unicorn adalah OVO. Startup milik Lippo Group ini pada 14 Maret 2018 lalu memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 2,9 miliar. Untuk memperluas pangsa pasarnya, OVO juga sudah melakukan kerjasama dengan Grab dan Tokopedia. OVO sepanjang tahun 2018 sudah melakukan transaksi sebanyak 1 miliar kali. OVO sendiri merupakan layanan dompet digital yang menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi dibeberapa mitra OVO.

Selain 5 stratup yang sudah disebutkan diatas, masih ada lagi satu perusahaan rintisan yang berpotensi meraih gelar Unicorn.