4 Kesalahan Dalam Fotografi Bagi Newbie

Posted on

4 Kesalahan Dalam Fotografi Bagi Newbie

Under-Exposed

Jasa Foto Wedding Jakarta – Suatu foto atau gambar dikatakan under exposed jika gambar tersebut kekurangan shadow, sehingga subjek akan terlihat gelap. Jika Anda mengalami foto yang kekurangan cahaya seperti ini, sebenarnya dapat diatasi dengan aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Lightroom atau Adobe Photoshop, tetapi jika foto terlalu gelap, maka akan sulit untuk mengembalikan cahaya yang kurang.

Hal yang harus Anda perhatikan agar tidak terjadi under exposed adalah sama seperti yang dilakukan pada over exposed, yakni melihat nilai aperture dan histogram agar Anda mengtahui cahaya yang masuk sudah pas atau belum. Jangan lupa menggunakan exposure compensation untuk menambahkan exposure + 13 atau 23 stops.

Foto Blur

Kesalahan yang satu ini banyak dialami oleh fotografer pemula. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan sebuah foto menjadi blur. Foto blur sering kali terjadi karena penggunaan shutter speed yang lambat dan itu akan mengakibatkan shaking yang akhirnya foto menjadi tidak tajam dan blur. Ketika shutter speed yang Anda gunakan lambat, maka sensor akan menangkap cahaya juga akan semakin lama sehingga akan sangat sensitive terhadap getaran dan goyangan yang terjadi.

Tidak hanya karena shutter speed, penggunaan lensa tele yang tidak menggunakan tripod juga dapat membuat foto blur, walaupun lensa tersebut dilengkapi dengan feature image stabilizer. Jika memotret dengan shutter speed yang lambat, sebaiknya Anda menggunakan tripod atau menggunakan lensa dengan focal length panjang.

Garis Horizon

Miring Garis horizon atau yang lebih sering disebut garis cakrawala, merupakan sebuah garis yang ada pada sebuah bidang gambar yang sangat mempengaruhi sebuah komposisi gambar. Beberapa kamera terkini, sudah dapat menampilkan panduan garis horizon di layar LCD-nya. Kesalah garis horizon miring biasanya terjadi saat memotret landscape, untuk foto landscape umumnya memang harus mengandalkan garis horizon yang lurus agar bisa menampilkan gambar yang baik. Ketika Anda memotret dengan permukaan yang tidak rata, gunakanlah metering yang ada pada kamera Anda agar tetap bisa menjaga garis horizon tetap lurus. Kesalahan garais horizon miring tersebut, terjadi karena mata manusia terkadang tidak presisi dalam melihat garis cakrawala.

Penggunaan Lensa

Lensa yang tidak tepat dalam fotografi juga akan bisa menghasilkan foto yang kurang menarik. Seperti foto arsitektur dan bangunan. Jika Anda salah menggunakan lensa dalam memotret gedung maka akan terjadi distorsi yang akan membuat bentuk bangunan menjadi tidak proporsional. Maka gunakanlah lensa yang tepat dan seusai kebutuhan. Untuk mengkoreksi kesalahan seperti distorsi diatas bisa dilakukan dengan Photoshop, tetapi tetap saja esensi foto tetap tidak dapat berubah drastis.