3 Komponen Penting Saat Mencari Laptop untuk Youtubers

Posted on

Menjadi seorang Youtubers, kini tidak hanya dipandang sebagai seseorang yang aktif membuat video lalu menguploadnya pada platform tersebut. Tetapi, saat ini menjadi seorang Youtubers juga sudah dianggap menjadi sebuah profesi yang menguntungkan. Tentu saja ini tidak lepas dari pengaruh beberapa Youtubers yang secara blak-blakan menunjukkan hasil capaian mereka selama rutin menghasilkan video.

Ternyata hal tersebut juga berdampak pada meningkatnya jumlah content creator belakangan ini. Semua orang berlomba-lomba menciptakan konten kreatif, juga menghibur untuk meraih penonton setia channel mereka.

Jika sobat saat ini terpikir untuk menjadi seorang content creator, seperti Youtubers, apa saja sih peralatan utama yang dibutuhkan selain kamera? Jawabannya adalah laptop atau PC Desktop yang akan digunakan untuk memproses editing, serta melakukan cara kompres video agar video yang dihasilkan dapat menjadi lebih optimal.

Ada 4 komponen penting dalam pemilihan laptop untuk kebutuhan desain grafis, video, atau untuk content creator, yaitu Processor, RAM, Hardisk, dan terakhir adalah VGA.

1. Processor dan RAM

Bagi kamu yang masih awam terhadap Processor dan RAM tidak perlu bingung. Processor dan RAM merupakan dua komponen yang akan selalu bekerja sama dalam memproses kebutuhan komputasi saat kamu melakukan proses editing atau kedua komponen ini bisa dikatakan sebagai otak dari laptop.

Jika kamu pernah mendengar istilah Core i5, Core i7, itu merupakan beberapa processor milik Intel. Nah, sedangkan RAM kerap melekat dengan pembahasan DDR atau juga terkait dengan GB atau Gigabyte.

2. Hardisk

Hardisk adalah media penyimpanan yang akan digunakan untuk menyimpan seluruh file yang ada di laptop. Tidak semua hardisk memiliki kemampuan yang sama, masing-masing brand, juga jenis media penyimpanan mendukung teknologi berbeda dan memiliki kemampuan tulis jug abaca yang berbeda pula.

Sebagai content creator, penggunaan aplikasi, seperti Sony Vegas Pro, Photoshop, Adobe Premiere Pro, dan aplikasi yang tergolong berat lainnya, tentu membutuhkan kecepatan tulis dan baca penyimpanan yang cepat. Untuk itu, kamu akan membutuhkan SSD untuk penyimpanan file system dan aplikasi, dibandingkan menggunakan hardisk berjenis lama.

3. VGA

Jenis konten yang dihasilkan seorang Youtubers adalah jenis konten video. Untuk melakukan proses editing video, selain membutuhkan Processor, RAM, dan Penyimpanan yang mumpuni, kamu juga membutuhkan satu komponen bernama VGA.

Apa itu VGA? VGA merupakan komponen pada laptop yang ditugaskan untuk melakukan proses pengolahan gambar dan video agar tidak mengganggu kinerja dari processor. VGA ada dua jenis, yaitu VGA on board dan VGA external.

Umumnya VGA on board hanya dibekali dengan kemampuan pengolahan grafis dasar. Namun, ada pula jenis processor, seperti AMD Ryzen telah dibekali dengan GPU yang cukup mumpuni untuk melakukan proses grafis ringan – sedang. Ini bisa kamu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika kebutuhan editing cukup tinggi, ada baiknya kamu menggunakan jenis VGA eksternal.

Tiga komponen di atas merupakan komponen laptop yang paling penting. Namun, ada satu factor penting juga di luar dari kemampuan hardware dalam menjadi konten creator, yaitu kreatifitas. Jika kamu baru ingin memulai, dan memiliki budget terbatas, tentunya akan lebih sulit untuk mendapatkan hardware yang langsung memadai. Namun, jika kamu memiliki kreatifitas tinggi, tentu saja tidak menjadi pengahalang.